Best Travel Moments in 2017

Bali mendung pagi ini dan saya sedang duduk di sofa, mendengarkan “Heaven Is A Place On Earth” dari Belinda Carlisle. Hari ini tanggal 31 Desember, hari terakhir di tahun 2017. Saya berpikir, inikah waktunya untuk #throwback?

Thank you #2017bestnine!
Clockwise: Sunrise di Pulau Gili Lawa Darat, sunrise di Pulau Padar, #throwback ketika masih berkuliah di Sydney, snorkeling di Pulau Menjangan, menikmati pemandangan selama Sailing Komodo, #throwback saat bushwalking di Sydney, jalan-jalan ke Bali Safari dalam rangka anniversary kantor, saat trekking di Pulau Gili Lawa Darat, dan menikmati pool di Denpasar saat liburan bersama keluarga.

***

Banyak hal menarik di tahun 2017 ini, terutama saat saya memutuskan pindah ke Bali. Lingkungan baru, rutinitas baru, pengalaman baru… semuanya terakumulasi jadi kenangan yang menyenangkan. Untuk terus mengingatnya, berikut highlights tahun 2017. Sengaja dipilih yang temanya jalan-jalan, karena ternyata yang mendominasi #2017bestnine saya di Instagram (eh) adalah travel photos :p

Februari 2017: Sampai ketemu lagi, Surabaya dan Hallo, Bali!
I don't want to go into details right now, but this is a life-changing experience karena saya banyak belajar hal baru. I am so grateful and won’t regret my decision!

Juni 2017: Mendaki Gunung Batur dan Snorkeling di Pulau Menjangan
  • Saya tidak akan lupa bagaimana rasanya mendaki Gunung Batur saat itu. Harus bergantung pada diri sendiri, bersyukur atas kebersamaan dengan teman-teman kantor dan indahnya pemandangan dari atas gunung. Mendaki seakan-akan mengajarkan saya untuk bersabar, tidak menyerah, dan percaya pada diri sendiri. As #cieh as it sounds, saya jadi pengen mendaki gunung lagi!
  • Snorkeling di Pulau Menjangan yang bikin gelagapan karena kurang pas-nya mask dan snorkel. Pemandangan bawah laut yang indah pun jadi tidak nyaman untuk dinikmati. Sejak saat itu, saya putuskan untuk beli mask dan snorkel gear sendiri biar comfortable saat snorkeling berikutnya!

Juli 2017: Camping di Danau Buyan
Hujan, becek-becek, gelap, makan seadanya… saya nggak akan lupa pengalaman berkemah di Danau Buyan saat itu. Semalam yang penuh cerita dan keseruan bersama teman-teman, walaupun tidak bisa tidur nyenyak karena kebelet pipis (dan malas ke toilet saking jauhnya). Gara-gara berkemah, saya jadi semakin menghargai nyamannya tidur di kasur :p

September 2017: Sailing Komodo Trip, Nonton Soundrenaline 2017, Jalan-jalan keliling Bali seharian
  • Keputusan impulsif di bulan April 2017 mengantarkan saya ke Komodo National Park dan pulau-pulau cantik sekitarnya. I could say that this is the best trip I have ever done in 2017. 2 hari diatas kapal yang sungguh memorable! Tidur sambil terombang-ambing, bangun keesokan harinya untuk mendaki dan snorkeling, makanan hangat yang disajikan para awak kapal, pemandangan yang Oh-My-God-BAGUS-banget di Pulau Gili Lawa Darat dan Pulau Padar… ah, saya nggak menolak kalau diajak ke destinasi ini lagi!
  • Melihat konser MEW untuk ketiga kali dan Dashboard Confessional pertama kalinya di Soundrenaline 2017. Mmm, sebenarnya ada lagi highlight yang lebih penting but this is personal! :D
  • Jalan-jalan keliling Bali naik motor seharian diawali dari Sanur, Ubud, sampai Canggu. Berbekal Google Maps dan ide yang meletup saat itu, saya sangat menikmati setiap momennya. Bagaimana tidak, bisa dibilang saya jarang jalan-jalan keliling Bali semenjak ada rutinitas baru. Bangun untuk kerja, pulang sudah lelah dan inginnya cuma di kamar sambil mendengarkan lagu atau membaca artikel di Internet. Weekends-pun biasanya cuma ke supermarket, balik lagi ke kamar buat dengerin lagu-lagu, pesan Go-Food dan menikmati day off sambil melihat pemandangan dari jendela. Sederhana tapi bikin content!
Desember 2017: 10 hari di Sri Lanka
Siapa yang mengira saya akan spend waktu selama ini di Sri Lanka? Sepuluh hari ternyata menyenangkan karena akhirnya bertemu lagi dengan housemates di Sydney dan mengunjungi tempat-tempat baru yang favorit, seperti Sigiriya, Ella, hingga pernikahan Nehan dan Nipuni yang jadi tujuan utama kami ke Sri Lanka.

All in all, perjalanan-perjalanan diatas ini mengajarkan saya tiga hal: bersabar, enjoy the present, and push yourself more. Di jaman yang serba cepat saat ini, mudah bagi kita untuk merasa bosan, jenuh, tidak bersyukur dan menyerah karena informasi yang mudah didapatkan (just a click away and you'll get what you need). Tapi dengan jalan-jalan, bersinggungan langsung dengan alam, saya jadi merasa kecil in this vast of universe.

Beneran deh material itu nggak ada apa-apanya dibanding keindahan alam di luar sana, yang udah di-create sedemikian rupa oleh-Nya dan punya kekuatan dahsyat. Hal seperti ini mengajarkan saya untuk bersabar, menikmati proses dan waktu sekarang, tapi juga tidak lupa untuk selalu berusaha dan tidak menyerah. Ah, how I wish I had done more trips back then... but it's okay! Semua ada waktunya sendiri-sendiri, tinggal gimana kita mau menjalaninya 'kan? :)

Baiklah, terima kasih tahun 2017 dan selamat datang 2018! I wish you all a very happy new year!

Comments