The Japanese House

Photo courtesy: i-D

Kalau tidak salah, Karina adalah orang pertama yang mengenalkan saya pada The Japanese House. Saya lupa single apa yang saya dengarkan waktu itu, yang jelas terasa 'okay'. Mungkin karena waktu itu lagi doyan-doyannya sama musik yang lebih nge-beat dan riang.

Kembali ke Indonesia, saya kembali lagi mendengarkan The Japanese House. Ternyata saya jatuh cinta. Vokal Amber Bain, solo artist dibalik The Japanese House, sangat membius dan seakan-akan membuat saya ingat dengan Imogen Heap. Perpaduan gitar dan bunyi synth-nya yang simpel namun cantik juga membuat saya betah.

Photo courtesy: Danny North


Dalam sebuah interview dengan Atwood Magazine, Amber Bain menyebutkan 5 'feelings' yang mewakili The Japanese House yaitu "sad", "hopeful", "nostalgic", "resolve" dan "emotional". Saya lumayan setuju walaupun musiknya tidak terdengar begitu "sad" dan lebih semacam "nostalgic", mungkin karena bebunyian synth-nya.

Ya, sepertinya "nostalgic" adalah alasan tepat mengapa saya jatuh cinta dengan The Japanese House. Ditambah lagi album covernya yang menggunakan foto-foto dengan tone warna yang saya suka, salah satunya untuk single terbarunya "Saw You In A Dream".

Photo courtesy: The Japanese House

Ketika melihat live performance The Japanese House di YouTube, Amber Bain kerap tampil 'seadanya' dan 'tidak neko-neko' dengan rambut sebahunya yang terurai, no make up, kaos lengan panjang/t-shirt/cardigan, celana jins, dan Converse. Sampai ada yang menyebutnya seperti Kurt Cobain versi perempuan. 



Baru juga saya mendengar langsung single "Cool Blue" yang diputar di drama series yang lagi nge-'hit', 13 Reasons Why. Wah sepertinya popularitas The Japanese House makin melonjak nih. 

Oke, sepertinya itu saja yang bisa saya ceritakan tentang musisi berusia 21 tahun asal Inggris ini. Di bawah adalah video salah satu track favorit saya yang berjudul "Clean". Semoga kedepan saya berkesempatan menonton live performancenya!



The Japanese House: Website | Spotify | SoundCloud | YouTube | Instagram

Comments